Senin, 08 Agustus 2016

PEMBINA PKK KABUPATEN MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE DESA NGRASEH KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO


Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Ngraseh pada Selasa.
2 Agustus 2016 pukul 09.00 WIB menerima kunjungan kerja dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bojonegoro dalam Mendukung Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC) melalui kegiatan buku Dawis, KPS - KSBP, Kelas Ibu Hamil dan BKB .
             
              Rombongan TP-PKK Kabupaten Bojonegoro yang hadir di Desa Ngraseh diketuai oleh Ibu Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bojonegoro yaitu Ibu Wakil Bupati Bojonegoro yaitu Ibu Mien Setyo Hartono. Saat pra acara rombongan TP-PKK Kabupaten Bojonegoro disuguhi tarian “Incling Janget” dari siswi-siswi MTs. Mambaul Huda Ngraseh dilanjutkan dengan koor dari kader
        
         TP-PKK desa Ngraseh dengan menyanyikan lagu ciptaan Bupati Bojonegoro yang berjudul “Bojonegoro Matoh” dan “Ayo Mbangun Bojonegoro”.
         
         Memasuki acara inti yaitu menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars PKK” secara bersama-sama dilanjutkan sambutan dari Ibu Ketua TP-PKK Desa Ngraseh, Hartutik menyampaikan laporan kegiatan 10 Program Pokok PKK yang telah dilaksanakan di Desa Ngraseh diantaranya : melaksanakan tertib administrasi mulai dari pencataan hingga pelaporan, melakukan pertemuan satu bulan sekali melalui pertemuan rutin di balai desa, kegiatan posyandu, Selain itu, juga melaksanakan lomba penyuluhan oleh kader. "Semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Tapi masih perlu adanya pembinaan agar kegiatan 10 program pokok PKK dapat berjalan maksimal," kata Hartutik saat menyampaikan laporan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten. Dia mengungkapkan, ada sejumlah kendala yang dihadapi dalam melaksanakan 10 pokok program PKK di wilayah Jetak. Di antaranya kesadaran masyarakat untuk berorientasi, masih banyak kader-kader yang masih pasif dalam kegiatan PKK, belum terpadunya manajemen waktu para kader PKK. "Kami harapkan dengan pembinaan ini akan meningkatkan kinerja dalam memaksimakan 10 program PKK di sini," pungkasnya
            
                Wakil Ketua Tim PKK Kabupaten, Ibu Mien Setyo Hartono menegaskan, PKK memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat. Karena sekarang ini masih banyak ditemui masalah di tengah-tengah masyarakat Bojonegoro. Ada lima masalah yang banyak di hadapi masyarakat yakni masalah ekonomi yang ditandai dengan masih adanya masyarakat yang miskin. Kedua, pendidikan yang ditandai masih anak-anak yang drop out dan anak-anak yang belum tertampung di Pendidikan Anak Usi Dini (PAUD). Kemudian masalah kesehatan, keharmonisan rumah tangga, dan terakhir keagamaan. Karena itulah lima masalah ini menjadi lima pilar PKK. "Ada lima pilar atau kunci pokok menjadi keluarga sejahtera, yaitu keluarga harus mapan dalam ekonomi, sehat, memperhatikan pendidikan, hidup harmonis harus meningkatkan agamanya. Lima masalah di masyarakat ini harus kita selesaikan. Caranya adalah dengan memberdayakan masyarakat. Dengan begitu masyarakat bisa berdaya, sejahtera dan produktif dan bahagia.," tandas Ibu Mien Setyo Hartono.

        "Semoga setelah adanya kunjungan kerja ini, anggota PKK desa agar lebih aktif dalam administrasi, sering mengadakan kelompok kegiatan dan dapat meningkatkan silaturahmi yang lebih baik, baik tingkat RT, Dasa Wisma maupun keseluruhannya," ujar Ibu Mien Setyo Hartono.

0 komentar:

Posting Komentar